Cara Menghitung Persen di Excel Secara Otomatis

Cara Menghitung Persen di Excel Secara Otomatis

Nasional

Ilustrasi menghitung. Foto: Steve Buissinne dari Pixabay

Ada beberapa cara menghitung persen di Excel secara otomatis dengan mudah. Kamu bisa pakai fitur yang tersedia atau dengan rumus Excel.

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu penggunanya mengolah angka dan data. Salah satu keuntungannya adalah pengguna tidak perlu menghitung secara manual karena aplikasi ini dilengkapi dengan rumus dan fitur canggih.

Kamu bisa mendapatkan hasil penjumlahan, perkalian, hingga menghitung persen secara otomatis. Dengan begitu, tidak ada lagi salah hitung atau terlalu lama menentukan hasilnya, cukup masukan data-data dan gunakan rumus yang ada di Excel.

Bagi kamu yang ingin tahu tutorial cara menghitung diskon di Excel secara otomatis, simak petunjuknya di artikel ini ya!

Cara Menghitung Persen di Excel Secara Otomatis

Berikut ini adalah tutorial rumus persentase bunga Excel secara otomatis, dikutip dari laman Microsoft:

Untuk menghitung persen dengan Excel sebenarnya sangat mudah. Kamu harus tahu rumus dasar menghitung persen terlebih dahulu secara Matematika, yaitu bagian yang dihitung per totalnya.

Jika sudah, terapkan rumus dasar tersebut pada data di Microsoft Excel yang ingin kamu hitung:

Buka data yang akan kamu hitung persentasenya dan pastikan sudah ada data yang akan dihitung serta jumlah data secara keseluruhan.

Jika sudah, maka tempatkan kursor di cell kosong dan masukkan rumus =CellA/CellB. Perhatikan contoh di bawah ini agar lebih jelas.

Contoh kasus:

Kamu ingin menghitung berapa persen siswa bisa mengerjakan soal latihan yang diberikan. Ada data yang berisi nilai sesungguhnya dari masing-masing siswa dan ada pula data yang menunjukkan nilai total jika semua soal terjawab dengan benar.

Maka, untuk menghitung berapa persen siswa bisa mengerjakan soal, rumusnya adalah jumlah soal yang bisa dikerjakan/nilai total. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar berikut ini:

Cara menghitung persen dengan Excel. Foto: Microsoft

Sayangnya, jika kamu langsung memasukkan rumus seperti cara di atas, maka kamu tidak akan memperoleh logo % (persen) di belakang hasilnya. Kamu harus melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu, yaitu:

Pada dokumen yang ingin kamu hitung persennya, block beberapa sel yang akan digunakan sebagai tempat hasil perhitungan persen.

Kemudian, klik tanda kecil di samping tulisan menu ‘Number’.

Setelah kotak dialog ‘Format Cells’ terbuka, pilih ‘Number’ pada panel bagian atas.

Klik ‘Percentage’ di sebelah kiri untuk mengaktifkan fitur persentase.

Akhiri dengan klik ‘OK’ dan angka yang kamu ketik di kotak, baris, atau kolom yang diatur langsung berupa persentase.

Tampilan layar pengaturan cara menghitung persen di Excel. Foto: Robertus Krisnanda

Itulah tutorial cara menghitung persen di Excel secara otomatis yang bisa kamu ikuti. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat menentukan hasilnya dan tentunya mendapatkan data yang lebih akurat dibandingkan menghitung secara manual.

(NSF)

Leave a Reply