Kapolri: Masalah yang Bisa Diurai Polres-Polsek Harus Saya Terima Baru Diproses

Nasional

Kapolri Jendral Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan paparan dalam acara Rilis Akhir Tahun 2021 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/12/2021). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengungkapkan masih menerima keluhan masyarakat yang laporannya tidak terlayani dengan baik oleh anggota polisi. Bahkan, Listyo menyebut sering mendapat laporan langsung dari masyarakat yang tidak terlayani.

“Handphone saya banyak sekali orang yang menghubungi, dari masyarakat-masyarakat yang mungkin selama ini tidak mendapatkan pelayanan baik, terjadi sumbatan komunikasi lapornya ke saya,” kata Listyo dalam pernyataannya yang diunggah akun Instagram @kepalakepolisian_ri, Sabtu (15/1).

Listyo menegaskan seluruh laporan masyarakat seharusnya bisa langsung diproses dan diselesaikan di tingkat Polres atau Polsek. Tidak harus menunggu sampai ke dirinya baru diselesaikan.

“Jangan masalah yang seharusnya bisa diurai di tingkat Polres bahkan di tingkat Polsek harus diterima Kapolri dulu baru itu berjalan,” tegasnya.

Kapolri Tutup Sespimti Polri Dikreg ke-30 di Lembang, Jabar. Foto: Dok. Polri

Listyo mengakui menerima laporan yang banyak dari masyarakat tidak mudah. Meski demikian, anggota kepolisian harus belajar menjadi pendengar yang baik dan mau menerima koreksi, keluhan, luapan emosi hingga kemarahan masyarakat.

“Tapi ini harus kita lakukan sehingga kemudian kita tahu apa, sih, masalahnya. Dan setelah itu kemudian kita berikan solusi,” ujarnya.

Ia meminta anggotanya untuk terus berdialog dengan masyarakat. Dengan cara itu, diharapkan dapat ditemukan solusi atas persoalan masyarakat.

“Biasakan untuk kita melaksanakan kegiatan-kegiatan berdialog langsung, bertemu dengan warga. Ini adalah kegiatan-kegiatan sederhana yang sebenarnya sudah sering dilaksanakan, namun di situ dibuka ruang untuk kemudian masyarakat boleh bicara apa saja,” jelasnya.

“Sehingga kita kemudian mendapatkan gambaran apa yang menjadi keluhan masyarakat, yang kemudian perlu ada kehadiran polisi, kemudian apa saja yang dirasakan masyarakat terkait dengan perilaku-perilaku personel kita yang kemudian juga harus segera kita benahi. Tolong ini dibenahi,” pungkasnya.

Leave a Reply