Ilustrasi reklame. Sumber: pixabay.com
Papan reklame merupakan suatu alat yang dipakai untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan juga menawarkan produk. Reklame harus dibuat menarik agar orang yang melihat atau membacanya ingin mengikuti atau membeli barang yang ditawarkan. Lantas, apa ciri-ciri reklame yang baik? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!
Pengertian dan Ciri-Ciri Reklame yang Baik
Ilustrasi reklame. Sumber: pixabay.com
Tujuan dari pembuatan reklame adalah agar sebuah produk atau jasa bisa dikenal oleh masyarakat. Jadi, mereka memiliki keinginan untuk membeli ataupun memakainya. Reklame juga bisa digunakan untuk tujuan non-komersial lain, seperti untuk menyampaikan pesan, memberi informasi, ataupun untuk melakukan sosialisasi kebijakan.
Jadi, apa ciri-ciri reklame yang baik? Berikut pengertian ciri reklame yang dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2 karya Desi Damayanti (2021:65).
1. Isinya Singkat
Reklame harus dibuat secara ringkat dan padat. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa membaca isi reklame tersebut dengan cepat sambil berlalu lalang. Reklame juga bisa menggunakan slogan atau kata-kata khas yang singkat.
2. Jelas dan Mudah Dimengerti
Ciri reklame yang selanjutnya adalah isi yang jelas dan mudah dimengerti. Pesan dalam reklame tidak boleh terlalu rumit sehingga harus to the point. Dengan begitu, orang yang membacanya bisa mengerti maksud dari reklame tersebut.
3. Dibuat Menarik atau Mencolok
Akan lebih baik jika reklame dibuat secara menarik dan juga mencolok. Caranya bisa memadukan komposisi desain dan warna-warna yang menarik. Tujuannya sudah pasti agar reklame bisa dilihat oleh orang-orang dan menarik perhatian khalayak ramai.
4. Bersifat Jujur
Reklame yang Anda buat harus bersifat jujur. Maksudnya, pesan yang disampaikan tidak boleh dibuat-buat. Pembuat reklame harus bisa menyampaikan pesan secara apa adanya.
5. Dilakukan Berulang-Ulang
Ciri-ciri reklame yang baik adalah dilakukan berulang-ulang dan menyampaikan pesan yang sama secara terus-menerus. Hal ini sama dengan definisinya, yakni reklame disampaikan secara berulang-ulang sehingga masyarakat bisa mengetahui pesan yang ingin disampaikan.
Demikian pembahasan seputar ciri-ciri reklame. Semoga bermanfaat untuk Anda. (Anne)