Tingkatkan Inklusi Asuransi di Indonesia, Zurich Gandeng ZA Tech dan Grab

Nasional

Ilustrasi melindungi masa depan keluarga dengan asuransi. Foto: Shutterstock

Asuransi jadi salah satu hal penting yang sebaiknya dimiliki setiap individu untuk meminimalisir beban finansial saat berada di situasi tidak terduga. Mulai dari kecelakaan, sakit, hingga meninggal dunia. Sayangnya, hingga saat ini tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah, yakni di bawah 2 persen dari populasi warganya yang mencapai 271 juta jiwa.

Di sisi, pandemi COVID-19 ikut mengubah perilaku konsumen yang kini lebih banyak mengandalkan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan kebiasaan kemungkinan akan terus berlanjut meski pandemi selesai.

Melihat tren teknologi yang terus berkembang, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich) dan perusahaan teknologi yang didirikan oleh ZA International dan didukung Vision Fund 1 dari Softbank, ZA Tech Global Limited (ZA Tech), berkolaborasi dengan PT Web Proteksi Solusindo (WPS) sebagai strategic brokerage partner guna mempermudah akses masyarakat terhadap produk asuransi di dunia digital.

Kerja sama ini diwujudkan dengan menghadirkan produk asuransi yang inovatif, terjangkau, dan dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Grab, salah satu mitra ekosistem ZA Tech di Asia Tenggara. Ya, nasabah kini dapat membeli produk asuransi di mana pun melalui aplikasi Grab.

“Sebagai perusahaan asuransi yang telah memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia selama 30 tahun, kami memahami pentingnya asuransi bagi nasabah terutama dalam situasi saat ini yang belum pernah kita alami sebelumnya. Zurich dikenal melalui keunggulannya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah, dan dengan bangga kami mengumumkan kerja sama dengan ZA Tech,” ujar Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Hassan Karim.

“Keahlian teknologi yang dimiliki ZA Tech akan mendukung Zurich dalam menyediakan kenyamanan dan perlindungan terbaik bagi nasabah kami, melalui teknologi termutakhir yang mampu menghadirkan asuransi yang lebih mudah diakses, digital, dan terjangkau,” tambahnya.

Menurut Hassan, pandemi yang masih berlanjut yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir membuat proteksi menjadi lebih penting dari sebelumnya. Karenanya, Zurich berkomitmen untuk meningkatkan akses nasabah terhadap produk asuransi dengan dukungan teknologi dari ZA Tech yang punya misi menyukseskan ekosistem mitra dan penyedia asuransi melalui teknologi dan pengetahuan unggul.

Kerja sama antara Zurich dan ZA Tech juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan solusi inovatif bagi para nasabah Zurich agar mendapatkan produk asuransi terbaik di kelasnya, selaras dengan strategi Zurich untuk terus menyediakan proposisi yang lebih baik.

“Zurich adalah mitra tepat dengan visi yang sejalan untuk mendukung pertumbuhan inklusi asuransi di Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, teknologi terdepan kami akan melengkapi proposisi dan layanan Zurich untuk menyediakan asuransi yang lebih mudah diakses. Kami percaya bahwa kemitraan kami dapat menyediakan perlindungan yang mudah dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas General Manager ZA Tech Southeast Asia, Young Yang.

Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Zurich. PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply