Tips Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Digital

Tips Memenangkan Persaingan Bisnis di Era Digital

Nasional

Ilustrasi strategi agar bisnis bertahan di era digital. Foto: Wee Dezign/Shutterstock

Ide kreatif di awal bisnis saja tidak cukup untuk membuat sebuah bisnis berkembang dan bertahan lama, apalagi di tengah situasi pandemi. Kini, bisnis bisa bertahan jika mereka dapat menggaet konsumen dengan cara yang menarik sambil terus meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Apapun jenis bisnis yang dijalankan dan seberapa besar bisnis telah berkembang, strategi berbasis digital sangat diperlukan agar performa dan keuntungan dapat meningkat dengan baik. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?

Kebaruan dan Inovasi

Ilustrasi ide dan kreativitas dalam inovasi dalam bisnis. Foto: Chaay_Tee/Shutterstock

Ide dan kreativitas memiliki peran penting dalam bisnis agar dapat terus berkembang. Meningkatkan atau mengganti strategi penjualan berbasis teknologi dapat membuat bisnis berjalan lebih efisien dan produktif.

Misalnya dengan mengubah cara pemesanan dan pembayaran melalui QRIS, menghadirkan super app, melakukan siasat digital marketing, dan banyak lagi. Anda juga bisa melakukan penambahan nilai dari produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini agar bisnis yang dijalankan memiliki nilai unggul dibandingkan kompetitor.

Namun, upaya inovasi bisnis harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, ada potensi kegagalan dan risiko kehilangan pangsa pasar, turunnya produktivitas dan efisiensi, kehilangan keuntungan, hingga kebangkrutan. Jadi, sebelum melakukan kebaruan dan inovasi, penting untuk melakukan analisis pasar dan melihat peluang yang ada.

Manfaatkan Media Sosial untuk Branding

Ilustrasi pemanfaatan media sosial untuk branding. Foto: Yuganov Konstantin/Shutterstock

Branding dan reputasi merupakan dua alasan seorang pelanggan untuk tetap setia dalam menggunakan layanan atau membeli barang di sebuah perusahaan. Di era digital ini, cara paling praktis dan relatif mudah adalah dengan membentuk citra yang baik dan “segar” melalui media sosial.

Tak dapat dimungkiri, media sosial menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk melakukan aktivitas jual beli. Jadi, upaya untuk membentuk citra atau reputasi yang baik melalui media sosial juga akan membantu meningkatkan penjualan produk Anda.

Ciptakan Kolaborasi Strategis

Harus diakui bahwa sebuah bisnis pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Karenanya berkolaborasi dengan pihak lain dapat mengisi kekurangan dan memberi nilai tambah bagi bisnis Anda. Kolaborasi juga memiliki potensi untuk menggaet pelanggan dari mitra kerja dan menambah pendapatan.

Adakan Diskon dan Penawaran Gratis

Ilustrasi penawaran diskon barang. Foto: hedgehog94/Shutterstock

Meski terkesan memotong harga dan mengurangi keuntungan, ternyata diskon dan penawaran gratis memberi keuntungan pada perusahaan. Semua orang senang kata ‘diskon’ dan ‘gratis’.

Merujuk laman Entrepreneur Asia Pacific, setidaknya ada lima keuntungan jika sebuah bisnis memberikan diskon pada pelanggan. Di antaranya, menarik pelanggan dan review, mengurangi inventaris atau stok barang, meningkatkan penjualan, mencapai target penjualan, dan meningkatkan reputasi bisnis.

Memberikan pelayanan atau barang yang berkualitas dan diiringi dengan diskon akan memancing pelanggan untuk membeli. Setelah itu ia akan memberi tahu kerabat atau temannya tentang diskon yang Anda berikan. Dengan begitu, diskon juga membawa exposure dan meningkatkan traffic pada web atau media sosial bisnis Anda.

Buat Brand Story

Ilustrasi pemilik bisnis yang menciptakanbrand story. Foto: Rido/Shutterstock

Semua pengusaha pasti memiliki cerita mereka masing masing. Mulai dari bagaimana perjuangan membangun bisnis, mengapa memutuskan memilih bisnis yang dijalankan, hingga cara membangun dan mempertahankan bisnis mereka. Cerita ini bisa dibangun dan menjadi narasi untuk brand story.

Membagikan kisah-kisah inspiratif tidak hanya baik untuk para pembaca atau pendengarnya, tetapi juga dapat menumbuhkan dukungan dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Brand story bisa membantu menandai dan membedakan perusahaan Anda dengan pesaing dan membangun kepercayaan, serta loyalitas pelanggan.

Di era digital yang mengutamakan penggunaan teknologi dan internet ini, kelima cara tersebut dapat menjadi strategi agar bisnis Anda terus berkembang atau bahkan bertahan di masa pandemi COVID-19. Diperlukan adanya strategi ini perlu direncanakan dengan matang.

Paham akan kebutuhan para pebisnis untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam membangun bisnis di era digital, Pegadaian dan KASKUS menggelar Webinar Inspirasi #PunyaRencana dengan tema “Bangun Bisnis di Era Digital”.

Acara tersebut akan diselenggarakan pada 8–17 Februari 2022 secara secara online dan LIVE di KASKUS TV dan Zoom di setiap area Pegadaian di Indonesia. Akan ada dua sesi, yaitu pukul 10.000–11.30 WIB dan 13.00–14.30 WIB.

Webinar Inspirasi Emas #PunyaRencana. Foto: Dok. Pegadaian

Webinar ini khusus dihadirkan demi memberikan ilmu dan berbagi tips untuk para pebisnis di Indonesia agar bisnisnya semakin berkembang dan dapat menghadapi tantangan era digital. Tidak hanya itu, Webinar Inspirasi #PunyaRencana juga akan memberikan wawasan kepada para pebisnis mengenai pentingnya investasi—khususnya emas—agar dapat menjaga keadaan finansial pribadi maupun perusahaan.

Narasumber dengan wawasan bisnis yang sangat luas akan hadir untuk memberikan ilmu baru bagi Anda. Peluang belajar ini dihadirkan secara gratis untuk semua orang tanpa biaya apa pun. Jadi, langsung daftarkan diri Anda di Webinar Inspirasi Emas Pegadaian #Punya Rencana melalui link ini.

Artikel merupakan bentuk kerja sama dengan Pegadaian.

Leave a Reply