Jangan Salah Beli, Inilah SUV Favorit di Indonesia

Jangan Salah Beli, Inilah SUV Favorit di Indonesia

Nasional

Toyota Rush GR Sport di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Segmen SUV beberapa waktu terakhir ini tengah menggeliat, ini bisa dilihat dari performa penjualan secara wholesales-distribusi unit dari pabrik ke diler-yang trennya meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini mengacu dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak tahun 2019, total penjualan SUV secara keseluruhan di Indonesia sebesar 18,21 persen.

Sementara pada tahun 2021 lalu, kontribusinya terpantau meningkat dengan tembus di angka 27,18 persen untuk segmen SUV secara keseluruhan.

Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandi mengatakan segmen SUV naik signifikan pada tahun 2021.

“Dari studi kami, betul SUV segmen naik komposisinya, pada 2020 sebesar 21,2 persen ke 2021 27,2 persen,” ujarnya ketika dihubungi kumparan (1/3).

New Honda HR-V Special Edition Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO

Meningkatnya segmen SUV ini juga ditanggapi oleh Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy, yang menyebut SUV merupakan segmen yang paling cepat bertumbuh saat ini.

“Untuk Honda sendiri, segmen SUV menyumbang kontribusi terbesar kedua setelah penjualan dari city car,” jelas Billy kepada kumparan (1/3).

Billy melihat pertumbuhan segmen SUV sejalan dengan karakter konsumen yang menyukai berpergian bersama dengan kondisi jalan yang bervariasi di Indonesia. Selain itu, Billy menyebut bahwa segmen SUV akan terus tumbuh dan semakin populer di Indonesia.

“Hal ini juga terlihat dari semakin banyaknya brand yang meluncurkan model SUV, sehingga konsumen saat ini memiliki lebih banyak pilihan untuk mencari yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” pungkas Billy.

SUV terfavorit konsumen Indonesia

Untuk mengetahui SUV mana saja yang paling banyak diminati oleh konsumen tanah air, kumparanOTO telah membagi 8 kategori untuk segmen SUV yang dijual di Indonesia.

Pembagian kategori ini diurutkan dari yang paling banyak, berdasarkan total jumlah penjualan wholesales SUV sepanjang tahun 2021 dari data Gaikindo.

1. Low SUV

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Pertama ada kategori Low SUV, hanya dihuni oleh 6 produk, tetapi jadi penyumbang total penjualan terbesar di segmen SUV dengan angka mencapai 115.349 unit. Berikut daftarnya.

Toyota Rush – 52.553 unit

Mitsubishi Xpander Cross – 24.341 unit

Daihatsu Terios – 18.996 unit

Suzuki XL7 – 16.090 unit

Honda BR-V – 2.949 unit

DFSK Glory 560 – 420 unit.

Toyota Rush menjadi pemimpin dalam kategori Low SUV sepanjang 2021, terpaut selisih 28.212 unit dari pesaing terdekatnya Mitsubishi Xpander Cross.

Anton membeberkan alasan utama konsumen dalam memilih Toyota Rush berdasarkan data yang dihimpun oleh timnya sepanjang tahun 2021 lalu.

Ada dua indikator utama yang menjadi alasan konsumen membeli Toyota Rush yakni Desain Eksterior sebesar 47,66 persen, kemudian soal Kenyamanan Berkendara (Riding Comfort) sebesar 40,84 persen.

“Kembali ke Rush, produk ini bagaimana memenuhi kebutuhan konsumen di segmennya,” ujar Anton.

2. Medium SUV Ladder Frame

Toyota Fortuner GR Sport di GIIAS 2021 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Kedua ada SUV dengan sasis tangga, produknya lebih sedikit lagi yakni hanya 3 produk. Nama-nama seperti Fortuner, Pajero Sport, dan MU-X mampu menyumbang total angka penjualan hingga 44.292 unit di kategori ini sepanjang tahun 2021.

Toyota Fortuner – 24.265 unit

Mitsubishi Pajero Sport – 19.966 unit

Isuzu MU-X – 61 unit.

Toyota lagi-lagi memimpin dengan Fortuner-nya berhasil unggul 4.299 unit dari penghuni posisi kedua yakni Mitsubishi Pajero Sport. Sementara kontribusi MU-X nyaris tidak ada sampai 100 unit.

Sama seperti Rush, Anton menggunakan dua indikator soal desain eksterior sebesar 52,29 persen dan kenyamanan berkendara sebesar 38,64 persen sebagai alasan utama konsumen membeli Fortuner.

“Jadi keliatan link reason to buy Fortuner dengan kebutuhan di segmennya,” imbuh Anton.

3. Small SUV

Toyota Raize 1.0 T GR Sport. Foto: Muhammad ikbal/kumparan

Kategori ini hampir semuanya diisi oleh pemain-pemain yang masih baru seperti Raize, Rocky, Sonet, dan Magnite.

Meski terbilang baru, sumbangan total penjualan SUV kecil tersebut sepanjang tahun 2021 sudah cukup untuk mengantarkan kategori ini duduk di posisi ketiga melewati kategori SUV lainnya dengan total 36.430 unit. Adapun daftarnya sebagai berikut.

Toyota Raize – 22.932 unit

Daihatsu Rocky – 10.737 unit

Kia Sonet – 2.321 unit

Nissan Magnite – 434 unit.

Imbas naik daunnya tren SUV juga dirasakan oleh salah satu produk Toyota yakni Raize yang memimpin dengan perolehan selisih 12.195 unit dari saudaranya Daihatsu Rocky yang berada di posisi kedua.

“Tren SUV naik, tidak cuma Rush dan Fortuner. Ada juga Raize, ya di 2021,” terang Anton.

4. Medium SUV Monokok

Wuling Almaz RS di IIMS Hybrid 2021. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Kategori yang satu ini memiliki banyak pemain di dalamnya, setidaknya ada 12 produk dari 9 jenama berbeda.

Selain banyak pemain, pada kategori ini bisa dibilang sangat beragam apabila melihat dari asal pabrikan yang ikut serta. Tidak hanya merk Jepang, ada pemain lain asal Korea Selatan, negara Eropa seperti Prancis dan Jerman, bahkan sampai pemain asal Tiongkok.

Berikut klasemen kategori Medium SUV Monokok

Wuling Almaz – 9.694 unit

Honda CR-V – 8.972 unit

Hyundai Palisade – 1.442 unit

Hyundai Santa Fe – 735 unit

MG HS – 600 unit

VW Tiguan All Space – 311 unit

Mazda CX-9 – 250 unit

Mazda CX-8 – 216 unit

DFSK i-Auto – 100 unit

Peugeot 5008 – 64 unit

Nissan X-Trail – 20 unit

DFSK Glory 580 – 2 unit.

Di posisi puncak ditempati oleh pemain asal Tiongkok yakni Wuling Almaz, ini menarik karena pabrikan berlogo ‘W’ merah tersebut mampu mengungguli salah satu nama legendaris segmen SUV di tanah air yakni Honda CR-V dengan selisih 722 unit.

5. Small Compact SUV

Mazda CX-3 1.5 Liter. Foto: dok. Carscoops

Kategori ini mayoritas diisi oleh pemain baru, tetapi tetap ada juga pemain lama seperti Honda HR-V dan Suzuki S-Cross. Berikut daftarnya.

Honda HR-V 1.5 – 15.721 unit

Mazda CX-3 1.5 – 955 unit

Nissan Kicks e-Power – 592 unit

MG ZS – 431 unit

Kia Seltos – 411 unit

Suzuki S-Cross – 247 unit.

Berdasarkan data tertera, Honda HR-V sukses merajai kategori Small Compact SUV dengan selisih 14.766 unit dari pesaing terdekatnya yakni Mazda CX-3 1.5.

Yusak Billy menjelaskan kunci kesuksesan HR-V yang begitu perkasa di kategori Small Compact SUV ini.

“HR-V diluncurkan pertama kali di waktu yang tepat, positioning segment (medium SUV) yang belum ada pemainnya dengan produk yang sangat baik di fitur, desain dan teknologi,” terang Billy.

6. Medium Compact SUV

Toyota Corolla Cross. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

Berikutnya ada Medium Compact SUV, kategori ini menyumbang angka penjualan selama tahun 2021 sebanyak 3.432 unit dengan 7 produk dari berbagai macam merk. Adapun urutannya sebagai berikut.

Toyota Corolla Cross – 1.519 unit

Honda HR-V 1.8 – 1.081 unit

Mazda CX-30 – 258 unit

Toyota C-HR = 180 unit

Mitsubishi Eclipse Cross = 172 unit

Peugeot 3008 = 152 unit

Mazda CX-3 2.0 = 70 unit.

7. High Compact SUV

Mazda CX-5 di GIIAS 2021. Foto: dok. Muhammad Haldin Fadhila/kumparan

Pada kategori ini, terpantau hanya berisikan dua produk yang mencatatkan torehan total penjualan sepanjang tahun 2021 sebanyak 893 unit. Berikut detailnya.

Mazda CX-5 = 891 unit

Renault Koleos = 2 unit.

8. Mini SUV

Terakhir di posisi buncit ada kategori Mini SUV yang hanya dihuni satu pemain saja yakni Suzuki Jimny dengan torehan 795 unit. Menariknya, total penjualan selama tahun 2021 tersebut nyaris mendekati torehan High Compact SUV.

Suzuki Jimny = 795 unit.